sex deneme bonusu deneme bonusu porn porn porn porn porn porn porn onwin porn porn deneme bonusu veren siteler deneme bonusu
Pemanfaatan Aplikasi “Sparkol” (Solusi Pembelajaran Matematika Online-Interaktif) di Era Digital 4.0 | Sayyidatunnasyaa WDS | Jurnal Perspektif

Pemanfaatan Aplikasi “Sparkol” (Solusi Pembelajaran Matematika Online-Interaktif) di Era Digital 4.0

Ratu Sayyidatunnasyaa WDS

Abstract


Keberadaan teknologi sebagai suatu yang dapat dimanfaatkan dengan baik di bidang pendidikan masih tergolong dihiraukan. Sehingga, ketika pembelajaran secara tatap muka digantikan mendadak oleh pembelajaran secara dalam jaringan, membuat pelaku pendidikan, terutama guru sebagai tenaga pendidik menjadi kebingungan. Motivasi belajar siswa pun menurun dikarenakan kegiatan pembelajaran yang berbeda dan tidak sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi tekonologi dengan VideoScribe Sparkol sebagai aplikasi bantuan dalam membuat media pembelajaran berupa video dan mengetahui apakah VideoScribe Sparkol dapat menjadi solusi bagi kebingungan guru dan untuk meningkatkan kembali motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah studi kepustakaan. Tahapan yang digunakan adalah mengambil serta mengumpulkan berbagai sumber yang dapat mendukung penelitian dari buku, internet, jurnal, tesis dan lain sebagainya yang dapat dipertanggung jawabkan validitasnya untuk kemudian diolah menjadi suatu kesimpulan yang teoritis serta akurat. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan hasil bahwasannya penggunaan media video dengan bantuan aplikasi VideoSribe Sparkol ini diniali efektif dan dapat menjadi solusi untuk menarik perhatian siswa dan meningkatkan motivasi belajar siswa


Keywords


Media pembelajaran, VideoScribe, Daring, Motivasi belajar siswa

References


Al Munawarah, R. (2019). Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 430–437.

Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Peran Guru Dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Pada Era Omricon Dan Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022, 75–87.

Arsilawita, Jamaris, & Sufiyarma. (2021). Strategi Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Pada Massa Pandemik Covid-19 Di SDN 002 Kuok Kabupaten Kampar Riau. 5, 2501–2510.

Dahlan, U. A. (2016). E-Learning Dalam Persepsi Mahasiswa. 102–109.

Fadilah, D. N., & Afriansyah, E. A. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Online. 3(November), 395–408.

Fitria, A. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran. Kompasiana, 1. Https://Www.Kompasiana.Com/Sihaasiaherman/5e9426af097f36097871e462/Penggunaan-Media-Audio-Visual-Dalam-Pembelajaran

HERANI, N. E. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 59–67. Https://Doi.Org/10.51878/Edutech.V1i1.193

Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English For Information Communication And Technology. Bangun Rekaprima, 7(2), 80–89. Https://Jurnal.Polines.Ac.Id/Index.Php/Bangun_Rekaprima/Article/View/3000/107647

Kholidin. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Program Video Scribe Sparkol Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Institusi, 06(12), 21.

Leow, F. T., & Neo, M. (2014). Interactive Multimedia Learning: Innovating Classroom Education In A Malaysian University. Turkish Online Journal Of Educational Technology, 13(2), 99–110.

Rahmatika, D. F., & Ratnasari, N. (2018). Media Pembelajaran Matematika Bilingual Berbasis Sparkol Videoscribe. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 385–393. Https://Doi.Org/10.24042/Djm.V1i3.3061

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 214–224.

Saman, Ma’rufi, A. T. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Matematikamatematika Dalam Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel. Pedagogy, 4(1), 1689–1699.

Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education And Development, 9(2), 369–377.

Suradika, A., & Gunadi, A. A. (2020). Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Kelas III Sekolah Dasar Islam An - Nizomiyah.

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. 2(April), 90–101.

Utami, E. (2020). Kendala Dan Peran Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 471–479.

Wasiah, U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Smp Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 307–317.




DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v6i2.171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By: