Analisis Tingkat Kecemasan Matematika Mahasiswa Belajar Geometri Dasar | Sausan | Jurnal Perspektif

Analisis Tingkat Kecemasan Matematika Mahasiswa Belajar Geometri Dasar

Tamara Sausan, Ehda Farlina, Ayi Mumuh Suhendar

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kecemasan matematika mahasiswa dipandang dari mata kuliah Geometri Dasar. Penelitian ini menerapkan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 48 mahasiswa pendidikan matematika. Data dikumpulkan melalui instrumen kuesioner kecemasan matematika. Hasil penelitian mengungkap bahwa tingkat kecemasan matematika mahasiswa dikategorikan pada kategori sangat rendah, rendah, tinggi, dan sangat tinggi berdasarkan tiap-tiap aspeknya, yakni aspek sikap, aspek kognitif, dan aspek somatik.  Persentase kecemasan matematika pada aspek perilaku diperoleh sebanyak 64,02% dengan kategori tinggi, 63,02% pada aspek kognitif dengan kategori rendah, dan sebanyak 59,32% pada aspek somatik dengan kategori rendah. Berdasarkan persentase tiap tiap aspek kecemasan matematika, diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kecemasan matematika mahasiswa pendidikan matematika itu rendah.

Keywords


Kecemasan Matematika; Mahasiswa; Geometri

References


Al Mutawah, M. A. (2015). The Influence of Mathematics Anxiety in Middle and High School Students Math Achievement. International Education Studies, 8(11), 239. https://doi.org/10.5539/ies.v8n11p239

Alkan, V. (2013). Reducing Mathematics Anxiety: The Ways Implemented by Teachers at Primary Schools. Online Submission, 3(3), 795-807.

Ameylia, T., & Kurniasih, M. D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Ditinjau dari Kecemasan Matematika pada Pembelajaran Luring Pasca Pandemi. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 299. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13602

Artama, E. N. N., Amin, S. M., & Siswono, T. Y. E. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. In JPPMS (Vol. 4, Issue 1). http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppms/

Aseta, P., & Siswanto. (2021). Gambaran Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Politeknik Insan Husada Surakarta. In Jurnal Ilmiah Keperawatan (Vol. 9, Issue 2).

Astuti, L. S., & Munasiah. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematika Saat Pembelajaran daring terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah kalkulus. 5. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.874

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis.

Cavanagh, R. (2010). Measuring Mathematics Anxiety: Paper 1- Developing a Construct Model.

Daely, K., Sinulingga, U., & Manurung, A. (2013). ANALISIS STATISTIK FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PRESTASI MAHASISWA (Vol. 1, Issue 5).

Fadilah, N. N., & Munandar, D. R. (2019). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMP. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2757

Giriansyah, F. E., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Kecemasan Matematis dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. 6(2), 307–318. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/

Hakim, R. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.809-816

Himawan, R. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika Menurut Teori Polya Ditinjau dari Kecemasan Matematika. MATHEdunesa, 10(1), 1-9.

Imro’ah, S., Winarso, W., & Baskoro, E. P. (2019). Analisis Gender terhadap Kecemasan Matematika dan Self Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 23–36. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp23-36

Karadağ, E. (2017). The Factors Effecting Student Achievement.

Lailiyah, S., Hayat, S., Urifah, S., & Setyawati, M. (2021). Levels of students’ mathematics anxieties and the impacts on online mathematics learning. Cakrawala Pendidikan, 40(1), 107–119. https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.36437

Latip, A., Turmudi, T., & Yulianti, K. (2023). Analysis of Mathematical Reasoning Ability Reviewed Based on The Level of Mathematical Anxiety. Jurnal Analisa, 9(1), 1-11.

Masrura, S. I., Tarbiyah, F., Uin, K., Makassar, A., Ii, K., Sultan, J., Nomor, A., & -Gowa, S. (2013). Faktor-Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Kesadaran Metakognisi dan Kaitannya dengan Prestasi Belajar Matematika.

Mukholil. (2018). Kecemasan dalam Proses Belajar. https://doi.org/https://doi.org/10.47637/eksponen.v8i1.135

Nasution, S. P. (2019). Analisis Kesulitan Belajar dalam Memahami Kecemasan Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 49-57.

Novikasari, I. (2017). Hubungan Antara Prestasi Belajar dan Tingkat Kecemasan Matematika pada Mahasiswa Calon Guru SD/MI. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 120-127.

Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18-29.

Pantaleon, K. V., Kurnila, V. S., Tamur, M., & Nendi, F. (2017). Profil Komunikasi Matematik Tertulis Calon Guru Matematika Dengan Tingkat Kecemasan Matematika Tinggi dalam Pembuktian Matematika

Petronzi, D., Hunt, T. E., & Sheffield, D. 2021 Interventions to address mathematics anxiety: An overview and recommendations. Current Studies in Educational Disciplines, 169.

Saputra, A. W. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa PGMI Pada Mata Kuliah Matematika Materi Geometri Ruang Dan Alternatif Solusinya. PELITA-JURNAL PENDIDIKAN DAN KEGURUAN, 1(2), 53-60

Sugilar, H., Kariadinata, R., & Sobarningsih, N. (2019). Spektrum symbol dan structure sense matematika siswa madrasah tsanawiyah. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 37-48.

Wardani, N. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X. NUCLEUS, 3(2), 155–161. https://doi.org/10.37010/nuc.v3i2.992




DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v7i2.256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By: